Kenali Cream Pemutih Wajah Yang Mengandung Mercury Jika Tak Ingin Wajahmu Mereh Bagai Kepiting Rebus!


Merawat kulit wajah memang susah susah gampang, tapi ada baiknya kenali dulu jenis kulit wajah dan produk sebelum menggunakannya. Jangan sampai pengalaman buruk saya terulang pada kamu, hiks sedih, Chiin!

Aku mau cerita sedikit pengalamanku tentang produk kecantikan.

Dulu, akutu sering pakai produk cream pemutih wajah, padahal wajahku sudah  putih, entah apa yang dicari dulu, hiks, sedih akutu. Mungkin karena ikut ikutan teman, ababil (ABG labil) jadi nggak mikirin efeknya dikemudian hari. Memang sih saat memakai cream tersebut wajah tampak glowing. Tapi enam bulan setelah pemakaian rutin, petaka itupun datang. wajahku memerah dan seperti ada ruam.

Kulit wajah terasa panas, gatal dan juga  sensitif, kena matahari sedikit aja langsung merah kayak kepiting rebus. lalu timbullah semacam ruam dan terasa gatal. Waktu itu sempat konsultasi ke dokter spesialis kulit. Aku disaranin berhenti dulu memakai segala jenis kosmetik, bahkan bedak baby sekalipun selama dua tahun. Kebayangkan kayak apa suramnya wajahku saat itu, kusut dan kasar. Gimana nggak kasar, bintik bintik merah betebaran dipipiku yang cabi, he.

Tapi aku cuma bisa pasrah, membiarkan wajahku netral dulu sesuai saran dokter. Palingan aku bantu makan buah yang bagus untuk kulit. Akutu memang suka pepaya, pisang, jeruk, alpukat dan bengkuang selain mudah didapat harganyapun gak bikin kantong jebol, haha. maklum ya, Gaes dulu akutu anak kost jadi semua harus punya budget sendiri. Tapi buah buahan ini konon bagus buat kulit. Kalau bengkuang sebagian aku makan sebagian lagi aku jadikan masker. Mayan lah Gaes, biar wajah gak suram suram amat. soalnya memakai pembersih wajahpun aku udah gak bisa, ujung ujungnya muncul ruam dan kemerah merahna.

 Sebagai bahan Penelitian Skripsi


Akutu kesel banget sama produk yang aku pakai, penasaran pengen tahu cream yang aku pakai mengandung marcury atau tidak. Akhirnya aku putuskan untuk mengambil beberapa sampel cream pemutih wajah untuk test laboratorium. waktu itu judul skripsi yang aku pilih " Identifikasi Mercury pada Cream Pemutih Wajah di Pasar Petisah Medan" tapi sayang skripsinya nggak bisa saya upload di sini. Udah di cari cari tapi belum ketemu nanti kalo ketemu saya upload ya, Gaes, agar ada bukti yang otentik. Sekarang saya tidak bisa menyebutkan nama produknya takut dibilang hoak, he.

Tiga cream pemutih wajah yang saya identifikasi semua positif mengandung Mercury dan angkanyapun pantastis, cukup tinggi sedangkan kandungan Mercury pada cream pemutih wajah harus 0 (Nol) atau negatif.

Nyesek banget akutu, jadi selama lebih kurang setahun, aku pakai produk yang mengandung Marcury. Apalagi setelah menyelesaikan skripsi yang mau nggak mau aku harus mendalami tentang cairan yang sangat beracun ini, rasanya ngilu banget, hiks.Aku cuma bisa berdoa pada Allah, agar zat tersebut tidak merusak organ tubuhku yang lain, cukuplah wajah yang jadi sensitif.

Bahaya Mercury Pada Kesehatan


Mercury sering dipakai sebagai bahan cream pemutih wajah karena sifatnya yang mampu menghambat pembentukan melanin sehingga wajah tampak cerah dalam waktu singkat. Tapi karena efek yang ditimbulkan mercury sangat berbahaya bagi tubuh, maka pemakaian bahan tersebut pada cream pemutih wajah dilarang oleh beberapa negara.

Mercury bersifat korosif  pada kulit, yang artinya jika  dioleskan ke kulit akan membuat kulit menjadi tipis. Mercury sangat mudah meresap kedalam tubuh melalui kulit yang terpapar. Paparan yang tinggi terhadap Mercury bisa berupa kerusakan ginjal, pencernaan dan sistem syaraf. Selain itu mercury juga beresiko menggangu organ tubuh lain seperti Jantung, otak, paru paru dan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan tidak hanya orang dewasa yang beresiko terpapar Mercury dari cream pemutih wajah, anak anak pun bisa terpapar saat jarinya menyentuh wajah orang yang terpapar, lalu menghisap jarinya. Tanda tanda jika anak terpapar dengan air raksa ini ditandai dengan munculnya rasa sakit dan warna merah muda pada tangan dan kaki.

baca juga ketombean? Jangan panik begini cara menghilangkan Ketombe yang mudah dan alami

Tips Mengenali Cream Pemutih Wajah yang Mengandung Mercury


Dari pengalaman aku dan hasil mercury positif yang aku identifikasi di laboratorium, (ohiya, aku lupa bilang kalo saat itu aku adalah mahasiswa Analis Kesehatan) ketiga produk yang positif mengandung cream pemutih wajah tersebut mempunyai ciri fisik yang sama, diantaranya,

1. Lengket

Cream terasa lengket dan pekat saat di oleskan ke kulit. Saat itu aku memang cukup lama meratakan creamnya.

2. Cream Tidak Homogen

kalo diperhatikan di dalam cup atau wadahnya memang terlihat creamnya tidak  terlalu homogen. seperi ada garis, tapi bukan garis nyata, samar gitu, akutu susah bahasanya, he.

3. Bau mercury tercium

Cream yang aku pake saat itu memang berbau khas. Tapi bau cream pemutih wajah yang aku jadikan sampel identifikasi saat itu beda beda. mungkin ada tambahan pewangi yang kuat sehingga baunya berbeda beda.

4. Warna sangat mencolok dan berminyak

5. Cream berkilau

6. jika dipakai, terasa panas

7. Wajah tidak timbul jerawat

8. pusing dan mual

Dari delapan ciri ini, semua saya alami, nomer tujuh dan delapan setelah pemakaian lama baru terasa. Masya Allah. Kalo dipikir pikir betapa jahilnya saya dulu. Semoga teman teman yang membaca blog ini terhindar dari produk yang mengandung mercury. Aamiin.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya Share ke teman teman, tapi mungkin lain waktu ya. Saya mau cari dulu skripsi saya itu, semoga masih tersimpan.

sumber gambar : aryanto dot id
salam

Love Kak Ati



16 comments:

  1. Ternyata bisa sampai menimbulkan pusing dan mual ya bunda... Bahaya banget krim yang mengandung mercury�� makasih tipsnya, penting banget buat para mama nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda, mercury memang sangat berbahaya untuk tubuh.
      sama sama, Bunda

      Delete
  2. Serem ya kalau seperti itu jangan sampai terjadi mbak

    ReplyDelete
  3. Dulu aku pernah ditawari krim yang ciri-cirinya persis yang Mbak Narti sebutkan. Krimnya lengket banget dan yang krim malam itu kuning banget. haunya juga gak enak, tapi perubahan pada kulit wajah beneran mantap. Temenku pakek seminggu udah kuinclong, putih. Tapi kalau kepanasan ya bener kayak kepiting rebus. Dan pas berhenti pakek. Walah, langsung gak karu-karuan. Thank banget sharingnya lho, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, salah satu ciri mercury positif pada cream pemutih wajah ya itu baunya nyengat dan agak lengket. sama sama mbak

      Delete
  4. Jadi lebih baik pakai yg sudah pasti saja ya, yg terdaftar di bpom dan ada halalnya juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, nyesel banget saya make yang gak jelas

      Delete
  5. Lah, padahal dulu udah putih ya wajahnya. Eman-eman, ya. Semoga masalah kulit wajahnya segera dapat solusi mbak. Hari gini banyak yang pingin putih tanpa memperhatikan kandungan kosmetik. Terimakasih sharingnya, ditunggu info selanjutnya, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, dulu masih ABG pecicilan gak ngerti bahayanya kalo pake kosmetik sembarangan. sama sama mbak

      Delete
  6. Wah semoga skripsinya ketemu.
    Paten nih Mbak Ati tema skripsinya..jadi penasaran merknya apa itu yang tinggi mercurynya
    Memang mesti hati-hati kita ya
    Jangan sampai pengin cantik malah bubrah wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saking keselnya akutu mbak sama cream pemutih yang kupake. eh benar aja mengandung mercury. semoga nanti kalo ketemu saya bisa poting lagi.

      Delete
  7. aku sempet juga mbaaa, aps baru kerja.. untungnya yaaa ga lama pake bgitu. emg sih kulit jd haluuus, ga ada jerawat, ga perlu pake bedak. tp krn kmudian aku curiga cream yg aku pake ada mercury, aku lgs stop ga nunggu efek jeleknya muncul. untung belum lama. udhlah, skr pake yg pasti aja, yg ada no bpom nya biar aman di kulit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, kalo udah curiga mengandunmg mercury mending stop. pake yang aman aja,

      Delete