Hidup dari Harta Warisan? Siapa Takut!


Risih gak sih baca judulnya? Haha... mungkin banyak yang alergi atau enek membacanya ya? Eit, tapi jangan pesimis dulu. Walau bagaimanapun harta warisan adalah suatu karunia dari Allah bagi ahli waris. Banyak, loh, orang yang kurang beruntung tidak mendapatkan titipan harta warisan dari orang tuanya. Sehingga mereka harus berjuang keras untuk bertahan hidup. Diantara orang-orang yang berjuang itu ada yang sukses namun banyak juga yang terus berjuang sepanjang hidupnya.

Hal inipun berlaku yang sama bagi seseorang yang menerima harta warisan dari orang tuanya. Banyak di antara mereka yang lupa diri karena mendapat uang secara cuma-cuma. Hidup bermalas-malasan bahkan lebih parahnya lagi, hidup cuma mengandalkan harta warisan tanpa ada keinginan untuk bekerja. Tak jarang mereka bangkrut bahkan akhirnya terlilit hutang dan hidup terlunta lunta karena harta warisan habis sementara mereka tidak tahu cara bertahan hidup. Hal semacam ini banyak terjadi di masyarakat. Namun banyak juga yang akhirnya sukses mengelola harta warisan orang tuanya. Bahkan menambah aset lagi dari hasil pengelolaannya.

Pola Asuh Orang Tua Ketika Harta Berlimpah

 

 Sadar atau tidak ketika orang tua memiliki banyak uang, maka yang paling menikmatinya adalah anak. Menurut saya wajar saja jika orang tua ingin membahagiakan anaknya. Wajar saja jika orang tua ingin memenuhi semua permintaan anaknya. Namun sayangnya yang terjadi sering anak jadi manja, malas, tidak punya daya juang untuk berusaha karena semua yang diinginkannya sudah tersedia. Bahkan tidak jarang anak yang seperti ini malah melawan dan kurang punya rasa hormat pada orang tuanya. Nauzubillah, semoga anak-anak kita dijauhkan dari sifat ini.

Karena itu, ini jadi bahan renungan saya, walau saat keadaan sedang longgar akan terus berusaha untuk tidak memanjakan anak anak. mengajari mereka cara bertahan hidup, menumbuhkan jiwa kompetensi pada diri mereka. Sehingga mereka terbiasa untuk memperjuangkan apa yang ingin ia dapatkan.
 





Tips Agar Harta Warisan Tidak Cepat Ludes


1. Buat Usaha

Pada sebagian Anak yang sudah terbiasa hidup serba nyaman, mungkin sudah tidak punya keinginan untuk mencari pekerjaan. Alasan punya banyak aset menjadi faktor utama ogahnya mereka pergi pagi pulang malam. Namun hidup harus terus berjalan, dan seiring itu tentu butuh biaya yang akan terus menguras tabungan bahkan aset yang ada.

Nah, biar tabungan dan aset dari orang tua tidak terkuras habis, mulailah cari usaha yang aman. Saat ini usaha yang bisa dijalani adalah usaha kos kosan ataupun kontrakan. Memang usaha ini tidak akan membuat pemiliknya jadi kaya raya. namun usaha ini bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Setelah usaha kontrakan kokoh, maka mulailah bergerak mencari usaha lain.

2. Jangan Boros

Ingat, kejayaan orang tua sudah berakhir, keluarlah dari zona nyama. mulailah mengatur keuangan dengan baik. beli keperluan yang memang sangat diperlukan. Jangan terlalu sering makan ke luar.

3. Perluas silaturahmi. 

Jangan menutup diri dari dunia luar. Perbanyak silaturahmi, karena silaturahmi akan membuka pintu rezeki. dengan silaturahmi wawasan akan semakin luas dan ide ide akan bermunculan. tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik.

4. Dekatkan diri pada Allah

Tidak ada yang mampu merubah seseorang menjadi lebih baik kecuali karena ketaatan kepada Allah. Maka perbanyaklah amalan kepadanya. dan  jangan lupa doakan selalu kedua orang tua. Agar ditempatkan ditempat yang mulia bersama para penghulu surga.

5. Sedekah

Perbanyaklah bersedekah. karena Allah akan membalas sepuluh kali lipat atas apa yang kita sedekahkan.

 “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Semoga tulisan ini bermanfaat dan kita dijauhkan dari sifat sifat negatif yang akan merugikan diri sendiri dan juga keluarga.


















 


26 comments:

  1. Kalau lihat dari pengalaman di sekitar saya, memang biasaya harta warisan itu suka habis gak ada bekasnya sama sekali.
    Mungkin karena pola asuh orang tuanya dulu juga ya, kalau terbiasa diajarkan untuk giat berusaha, barangkali gak akan habis untuk foya-foya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, walau bagaimanapun pola asuh orang tua sangat menentukan gaya hidup anaka anaknya.

      Delete
  2. Memanfaatkan harta warisan sebetulnya sama saja drngan harta sendiri perlu strategi yg matang.

    Cuma kadang karena belum siap seolah dpt durian runtuh bingung bagaimana mengelolanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Tangan gatel pengen dipake ini itu buat senang senang. Padahal uang itu jika dikelola dengan baik mungkin akan awet hehe..

      Delete
  3. Betul sekali apa yang telah dianugerahkan tuhan harus kita syukuri..Termasuk harta Warisan. Tetapi kita juga harus bisa memperhitungkan untuk kelak nanti serta regenerasi pengganti kita sebagai orang tua.😄😄


    Mungkin tulisan diatas bisa kita jadikan pedoman..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bangen Mas, apalagi jika anak cucu penerima waris bisa merasakan warisan kakeknya. Tentu menjadi kebanggan keluarga.

      Delete
  4. Kalau engga pengalaman usaha, harta warisan jangan dipakai usaha deh. Takut bangkrut engga bersisa. Kalau harta warisan dari hasil jual rumah, usahakan jadi properti lagi aja. Aman. Nilainya naik terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun. Amannya emang dijadiin properti busa jadi kontrakan yang terus menghasilkan.

      Delete
  5. Tabungan investasi bun, kaya emas, dinar, properti apalagi kalau bikin kosan dan kontakan. Sepertinya itu lebih enggak ada matinya, hehe. Kalau aku sih. Tapi ibu bapak aku mah kalo ngasih warisan lebih ke kosan dan kontrakan sih. Karena penghasilan dari mereka sampai sekarang ya itu, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bun mending investasi. Jangan di taruk di ATM wkwkwk.. Bahya bisa ludes gak bersisa.

      Delete
  6. Kalau aku memang belum punya pengalaman hidup secara penuh pakek harta warisan. Orangtuaku bekerja sendiri karena warisan dr orangtuanya nggak jelas pembagiannya. Dari bapak ada, tapi krn bapak sudah meninggal duluan kami hanya dibagi sepetak tanah yang sekarang jadi rumah. Gak ada yg lain. Jadi untuk sehari-hari memang dari awal cari sendiri. Tapi memang banyak yg warisannya gak awet krn gaya hidup yg berlebihan. Nauzubillah, semoga anak-anak kita tidak seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dia bun. Terkadang harta warisan itu gak berkah bahkan bisa jadi momok jika pembagian waris nggak jelas. Oadahalkan Allah sudah mengaturnya dengan jelas dalam alquran.

      Delete
  7. Ujian terberat itu memang biasanya saat kita berlimpah materi ya mba. Harus ati2 jabgan sampe sombong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, apalagi ujian untuk mendidik anak anak agar bisa mandiri, rasanya berat banget.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  8. Benar mbak harta warisan harus dikelola dengan baik, agar tidak menyesal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Menyesal belakangan tak ada gunanya.

      Delete
  9. Ujiannya memang disaat harta sedang banyak, tapi tak pernah dikelola dengan baik ya. Harta warisan juga perlu disiasati cara pengelolaannya. Supaya tidak habis sia-sia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Harta ]arisan harus dikelola dengan baik.

      Delete
  10. Kalau orang Jawa bilang, warisan dari ortu gk blh buat usaha bisnis. Ada kepercayaan pasti nggak jadi. Mungkin ini yg perlu diluruskan. Kalau cara bisnisnya benar dgn mnjemen yang oke mgkin usahanya bisa jln dan berkembang. Apapun mnurutku klu dikelola dgn baik pasti ada hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mbak. Sayang kali cuma disimoin di Atm bisa bisa kandas semua

      Delete
    2. Betul mbak. Yang penting bisa mengelolanya.

      Delete
  11. Benar sekali tipsnya mbak. Karena saya sering lihat org dapat harta warisan tapi malah gak berkah. Nauzubillah. Jadi ingat ada pepatah, uang akan mencari jalan keluarnya sendiri. Daripada keluar lewat jalan yg gak bener. Mending kita keluarkan melalui sedekah atau yg berkah ya mbak

    ReplyDelete
  12. Betul mbak. Dengan sedekah pintu rezeki akan terbuka lebar.

    ReplyDelete
  13. Wah harus dicatat nih..biar enggak lupa diri saat dapat warisan ..Memang kebih baik buat usaha sehingga bisa dikembangkan lagi jumlahnya ya Mbak
    Dan enggak boros
    Pokoknya tips ini keren mah...

    ReplyDelete
  14. Aku blom punya pengalaman dapat harta warisan. Yang aku sering dengar malah warisan ortu bikin hubungan sodara jadi renggang karena rebutan. Kalo aku esok misalnya dapat warisan,semoga tak lupa mensedekahkan pada yang membutuhkan.

    ReplyDelete