Kartu Pra Kerja Kapan Keluar? Menteri Koordinator Bidang Perekonomian : Agustus 2020!

gambar semarak



Dari awal pengenalannya pada maret 2019 Kartu pra kerja sudah ditunggu banyak masyarakat untuk di realisasikan. Digadang sebagai solusi untuk mengurangi pengangguran di Indonesia itulah penyebab ditunggu nya Kartu Pra Kerja yang di janjikan Jokowi dalam masa kampanyenya maret lalu. Setelah terpilih sebagai Presiden kembali, nampaknya Jokowi serius untuk mengimplementasikan janji janji kampanye nya.Namun sebenarnya Kartu Pra Kerja kapan Keluar?

Setelah kurang lebih 3 bulan menjabat menjadi presiden di periode 2019 – 2024 Jokowi sudah memberi titik terang kapan mulai di bagikannya kartu pra kerja. Adapun total anggarannya mencapai Rp 10 triliun. Pemerintah juga akan membuat mekanisme bagaimana melakukan tracking dan memberikan pelatihan kepada lembaga pelatihan. Pemerintah juga akan membuat mekanisme bagaimana melakukan tracking dan memberikan pelatihan kepada lembaga pelatihan.

Pemerintah juga akan menerapkan system online dalam pemanfaatan kartu pra kerja.
Dengan sistem online ini sebetulnya kita juga mencoba menyusun berbasis kepada kuota, sehingga bagi yang mendaftar di kota besar maupun kota kecil kesempatan untuk mendaftarnya sama sama.

Dana yang cukup besar tadi sebenarnya disiapkan untuk pelatihan yang sifatnya terbuka. Karena berencana untuk melakukan training dalam berbagai bidang tentunya standar bujet yang diberikan terhadap pemegang kartu pra kerja berbeda beda. Contoh nya training progamer yang memakan waktu 6 bulan tidak semahal training barista yang mungkin hanya memerlukan waktu 2 bulan.

Dan nantinya pelaksanaan kartu pra kerja ini akan di buat semacam Project management office (PMO) dibawah koordinasi kemenko perekonomian. Oleh karena itu pemerintah akan mempersiapkan Peraturan presiden atau Perores untuk PMO, Peraturan presiden untuk pelaksanaan ini, untuk penerima manfaat serta kriteria siapa yang berhak mendapat kan Kartu pra Kerja.

Ditemui di lingkungan istana Presiden pada 10 Desember kemarin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Kartu Pra Kerja yang menjadi salah satu program utama Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan diluncurkan secara nasional pada Agustus 2020.

"Pada Februari 2020 ada penjelasan publik dalam bentuk 'website', Maret dan awal April 2020 ada uji coba di 2 kota rencananya di Jakarta dan Bandung basisnya aplikasi lalu pada April-Agustus 2020 perluasan implementasi di berbagai kota dan "launching nation wide" bulan Agustus,"
Pada Desember 2019, pemerintah rencananya akan menyelesaikan peraturan presiden (Perpres) mengenai Kartu Pra Kerja. selanjutnya pada Januari 2020 direncanakan penyelesaian Project Management Office (PMO) atau organisasi yang menentukan dan menjaga standar dalam manajemen proyek Kartu Pra Kerja.
Airlangga menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri tiga rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri kabinet Indonesia Maju. Ratas-ratas tersebut adalah "Akselerasi, Implementasi Program Siap Kerja dan Perlindungan Sosial", "Akselerasi Penguatan Ekonomi di Sektor Pertanian dan Perikanan" dan "Akselerasi Implementasi Program Infrastruktur".
Setelah mendengar keseriusan pemerintah terhadap Kartu Prakerja ini diharapkan kedepannya jumlah pengangguran di Indonesia akan berkurang secara signifikan. Dan pengaplikasian manfaat dari Kartu pra kerja tidak disalah gunakan oleh beberapa pihak karena hingga saat ini mayoritas masyarakat Indonesia kekurangan soft skill dimana membuat susahnya untuk mendapatkan pekerjaan di era modern seperti ini. Pada kenyataanya standar industry yang berkembang harusnya di barengi dengan SDM yang juga berkembang. Tentunya Langkah Presiden RI 7 ini harus di dukung serta di kawal agar tujuan akhir untuk mengurangi pengangguran di Indonesia tercapai dan Indonesia menjadi salah satu negara maju tidak kalah dengan Singapore yang penduduknya hanya 5jt jiwa sangat berbandik jauh jika di bandingkan dengan masyarakat Indonesia yang berjumlah 269 juta jiwa per April 2019 kemarin. https://www.cekaja.com/info/kartu-pra-kerja-siap-di-rilis-anggarannya-sampai-rp10-triliun/



0 komentar:

Post a Comment