Gaji Pekerjaan Lulusan Ilmu Politik


gambar pixabay

Jurusan Ilmu Politik terkenal sebagai salah satu jurusan yang mencetak lulusan dengan gaji yang fantastis. Tidak heran jika banyak anak muda yang memilih untuk mengambil kuliah jurusan Ilmu Politik. Penasaran berapa jumlah gaji pekerjaan lulusan Ilmu Politik? Simaklah ulasan dari kami berikut ini.

1.  Politisi

Tentu saja seorang lulusan Ilmu Politik diharapkan untuk terjun menjadi seorang politisi. Politisi merupakan seseorang yang terlibat dalam politik dan termasuk figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan. Seorang politikus harus mampu merumuskan kebijakan-kebijakan strategis yang memihak kepentingan politik serta membuat undang-undang yang dapat menjamin legalnya keadilan sosial dan keteraturan hidup bermasyarakat. Gaji seorang Politisi mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 45 juta.

2.  Anggota Dewan

Bukan hal asing lagi bila anggota dewan itu kebanyakan berasal dari lulusan Ilmu Politik, karena itu memang ranah mereka. Anggota dewan secara langsung terlibat dalam kegiatan politik dalam kesehariannya. Banyak kebijakan yang langsung berkenaan dengan kegiatan politik dan sebagainya. Gaji seorang Anggota Dewan mulai dari Rp 60 juta.

3.  Peneliti

Tidak akan ada gebrakan baru dalam ilmu pengetahuan jika tidak ada peran dari seorang peneliti. Bidang Ilmu Politik adalah salah satunya. Jika Anda ingin berkontribusi dalam pengembangan Ilmu Politik, Anda bisa menjadi seorang peneliti. Banyak kajian politik yang harus diteliti dan membutuhkan pembaharuan sesuai dengan dinamika politik yang terjadi di Indonesia sehingga perkembangan sistem politik dapat berjalan dengan baik. Gaji seorang Peneliti mulai dari Rp 3 juta.

4.  Wartawan

Jika passion Anda adalah menulis atau membuat karya jurnalistik, Anda bisa mencoba menjadi wartawan yang aktif memberitakan hal-hal yang berkaitan dengan Ilmu Politik baik itu untuk media cetak maupun media online. Gaji seorang Wartawan mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 15 juta.

5.  Dosen

Tertarik untuk bergerak di bidang akademik? Menjadi seorang dosen mungkin akan menjadi hal yang cocok untuk Anda. Hampir setiap instansi pendidikan membuka jurusan politik sebagai salah satu program studi bagi calon peserta didik sehingga peluang kerja di bidang pendidikan cukup luas dengan jenjang karir yang menjanjikan serta gaji yang cukup tinggi.

6.  Governance Relation Officer

Apakah Anda baru mendengar istilah Governance Relation Officer? Governance Relation Officer merupakan suatu pekerjaan yang menangani masalah hubungan perusahaan dengan pemerintah dan lembaga legislatif yang mana dalam hal ini membutuhkan keahlian khusus untuk mencapai hasil yang positif sehingga dapat diterima oleh publik melalui perencanaan pemerintah. Lulusan Ilmu Politik disini diminta untuk menggali informasi dari pemerintah, memonitoring dan interpretasi langkah pemerintah, menyampaikan feedback perusahaan atas berbagai kebijakan pemerintah serta mendukung pemasaran. Gaji seorang Governance Relation Officer mulai dari Rp 9 juta hingga Rp 11 juta.

7.  Aktivis Sosial

Organisasi nirlaba juga membutuhkan ahli politik untuk mengisi posisi yang berkaitan dengan bidang politik pada salah satu kelembagaannya sehingga pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai peluang kerja yang baik bagi lulusan jurusan ilmu politik. Gaji seorang Aktivis Sosial mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta.

8.  Staf Diplomatik

Ingin bekerja di luar negeri? Anda bisa mencoba menjadi Staf Diplomatik. Tugas dari Staf Diplomatik sendiri adalah membina hubungan politik dengan negara lain, mengadakan perundingan masalah-masalah yang dihadapi kedua negara itu dan berusaha untuk menyelesaikannya serta mengurus kepentingan negara serta warga negaranya di negara lain. Gaji seorang Staf Diplomatik mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 7 juta.

Kesimpulan

Lulusan Ilmu Politik memiliki prospek karir yang cerah dengan gaji mulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 60 juta. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih
lanjut seputar jurusan Ilmu Politik, Anda bisa juga mengunjungi artikel CekAja.com di

0 komentar:

Post a Comment