wahana di Taman Matahari Puncak Bogor


Sudah pernah liburan ke Taman Matahari Puncak Bogor? Kalau belum, tempat ini bisa jadi daftar sederat wisata lokal yang layak kamu kunjungi. Dijamin seru, loh!
Jika kamu sudah pernah datang ke tempat ini sekitar lima tahun lalu, mungkin kamu ogah balik lagi. karena dulu memang cukup gersang dan fasilitasnyapun sangat minim. makanya saat  wacana acara outing class si kakak ke taman wisata Matahari, saya ragu untuk ikut. Hingga seorang wali murid yang juga guru TK (Taman Kanak-Kanak) memberi info kalau tempat itu sudah jauh berubah.

Banyak fasilitas yang seru dan menarik. Karena penasaran, kami sekeluarga akhirnya ikut, sekalian liburan juga, sih, karena bertepatan dengan libur sekolah.
Kami berangkat dari Cililitan pukul tujuh pagi sampai di sana pukul sepuluh, karena kami sempat berhenti di rest area untuk sarapan. Maklum, ya Gaes, bawa krucil krucil jadi gak sempat sarapan di rumah. Sesampainya di Taman Wisata Matahari, Si Kakak langsung bergabung dengan teman temannya yang sudah duluan sampai. Sebenarnya dari sekolah menyiapkan bus, namun karena satu keluarga ikut, kami membawa kendaraan sendiri. Sebab rencananya kami akan menginap dua hari di puncak. Nantikan review saya tentang penginapan yang kami kunjungi, ya.

Ternyata setelah sampai tujuan, temapat ini sangat berbubah. suasana lebih hidup dan jauh lebih indah. fasilitas yang tersediapun cukup banyak, sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata sekolah, komunitas, ataupun perusahaan. Selain tempatnya yang luas tiket masukpun cukup terjangkau yakni enam puluh ribu rupiah, kita sudah dapat free tiga wahana.  Harga tiket ini saat liburan sekolah ya, Gars.

Taman Wisata Matahari yang didirikan oleh Bapak Hari dari Chairman Matahari Group pada tahun 2007, dulunya hanya 16, 5 hektar saja, namun seiring berjalannya waktu dan minat pengunjung semakin tinggi, akhirnya area wisata diperluas menjadi sekitar 40 Hektar. Hebatnya lagi, perluasan area wisata tidak memakai jasa konsultan pembangunan namun, melibatkan masyarakat setempat, untuk membantu perekonomian mereka. 

Ada beberapa wahana yang terdapat di Taman Wisata Matahari, diantaranya: 

1. Matahari Waterpark

2. Arum Jeram 

3. Water Ball

4. Dino Park 

5. Citra Playland

6. Flying Fox

7. Rumah Hantu

8. Taman Wisata

9. Agro Sayur dan Agro Sawah

10. Paddle Boat dan Sepeda Air

11. Perahu Karet dan Perahu Motor

12. Motor ATV dan Wall Climbing

13. Panahan

14. Wara Wiri


Banyak bukan? yakin deh, waktu yang tersedia tidak akan cukup mencoba seluruh wahana. Kami pun sama, hanya mencoba beberapa wahana karena waktu yang tidak mencukupi. Ohiya, jam buka di tempat ini sekitar pukul delapan pagi hingga pukul lima sore.

Mencoba Wahana 

1. Wara Wiri

Diantara wahana yang sempat kami coba adalah, wara wiri. Wahana ini gratis, gaes, sayangkan kalau tidak diambil. Rutenya cukup panjang, jadi pengunjung bisa melihat lihat apa saja yang ada di Wisata Taman Matahari. Setelah itu kami makan dan sholat, sejenak.

2. Perahu Karet
berat ternyata ngajuh prahu, hihi

Petualangan kami lanjutkan dengan perahu karet. Kami minta bantuan petugas untuk membantu  Abinya mengayuh. sebab saya harus jagain krucil. Pas pengen nyoba ngayuh sampan, Masya Allah ternyata berat banget, Gaes. Mana saya sibuk nyingsing gamis, soalnya air masuk ke dalam perahu. Setelah muter muter selama lima belas menit, kamipun menepi.

3. Water Ball
duduk diatas air

Tapi krucil masih belum mau beranjak ke wahana lain, mereka pengen nyobain Water Ball. Tapi kok saya nggak tegel melepas dua krucil di dalam balon. Akhirnya saya nekat ikut mengapung di atas air. Wuiiih, rasanya seperti duduk di atas nutrijel. Dua krucil malah kegirangan nggak mau diam, loncat loncat ingin menggulinggkan balon. Untunglah mereka tidak tahu kalau Uminya takut bergerak, haha..

4. Flaying Fox
tetap meluncur walau takut, he

Si kakak penasaran ingin mencoba flying fox, uji nyali katanya. awalnya saya ragu dia berani meluncur, tapi akhirnya dia meluncur juga, walau berdua. salut deh buat kakak. Tiket untuk sekali naik limapuluh ribu rupiah untuk meluncur berdua dan dua puluh lima ribu jika meluncur sendiri.

5. Panahan
panahan gaya sunnah (kata babang pelatih, haha)

Setelah acara outing Class selesai, rombongan sekolahpun bubar, tapi karena kami masih lanjut ingin mencoba wahana panahan. Ini wahana yang paling saya suka. untuk sewa alat dan panahan hanya di tarif sepuluh ribu rupiah, kita akan diberi sepuluh anak panah. Jika anak panah berhasil mengenai sasaran lingkaran mereh, maka akan diberi bonus lima anak panah. Serukan?

Next, kalau kesana lagi pengen nyobain wahana yang lain. Biasanya kalau ketempat wisata yang paling bikin keki itu, fasilitas toilet, iyakan? Nah, disini nggak usah khawatir, toiletnya banyak, tersedia diberbagai tempat dan bersih. Pokoknya oke lah wisata keluarga di sini. Tamannya indah, dan bersih, hanya saja ditempat parkiran sampah berserakan. sayang ya, Gaes. Semoga kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya segera terwujud. Kalau bersih kan kita juga yang senang, kalau kotor kita juga yang kena dampaknya. 

21 comments:

  1. saben ke rumah mertua di puncak malah gak pernah ke sini, macetnya itu di jalan

    ReplyDelete
  2. Saya pernah ke Taman Wisata Matahari saat kuliah dulu, sekitar 8-9 tahun yang lalu. dulu belum ada panahan sama waterball. wisata air cuma arung jeram aja deh kayaknya. Sekarang udah nambah banyak ya ternyata, dulu pun masuknya cuma 10.000 per kepala tapi naik wahana bayar lagi. Sekarang udah beda pula. Oke deh. saya jadi ada gambaran kalo mau kesana ajak anak-anak. thanks ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak, awalnya aku juga ragu, tapi sekarang emang udah bagus

      Delete
  3. Puncak bogor tuh emang gak ada matinya ya wisatanya. Aku pun dulu sering ke Taman Matahari. Jadi kangen mau kesana lagi, huaaa.

    ReplyDelete
  4. Dulu pas si adik TK, OTM menolak waktu sekolah ngajakin field trip ke sini. Katanya kurang bagus.
    Baca ini jadi mupeng ke Taman Matahari. Dah oke berarti ini
    Wah , murah pula tiketnya!

    ReplyDelete
  5. Yuni belum pernah sih. Tapi rasanya pengen cobain yang waterball itu deh. Keren aja. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah wahananya outdoor semua. Menantang buat disinggahi. Noted deh mb kpn2 klu ke Bogor bisa masuk list yg dikunjungi. Thx y mb infonya...

    ReplyDelete
  7. Wow, sekarang fasilitas permainan di Taman Mahari Puncak, anak-anak pasti makin senang

    ReplyDelete
  8. Aku malu...orang Bogor tapi belum pernah ke Taman Matahari. Berarti sekarang dah bagus ya mba, semoga kunjungan ke sini bisa masuk list untuk family traveling berikutnya ☺️. Terima kasih mba Narti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... wah duluan saya dong dari jakarta ya, yuk cobain mbak

      Delete
  9. Widiiiih serunyaaa
    Aku belum pernah ke Bogor sama sekali. Jadi makin mupeng ini mah...

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  12. Wah lumayan cepet perjalanannya Bu?
    Pkl 07.00-10.00 sdh sampe. klo weekend biasanya arah ke puncak selalu penuh perjuangan... padat, merayap... Traffic...

    ReplyDelete