Ketombean? Jangan panik! Begini Cara Menghilangkan Ketombe yang Mudah dan Alamai,


Kehadiran ketombe pada kulit kepala sangat mengganggu penampilan. Selain rasa gatal yang bikin tangan pengen nggaruk, juga bikin krrisi pede, he... Bayangin aja saat menggaruk tiba tiba ketombe jatuhan ke baju, apalagi kalu pake warna yang gelap, ketombe akan terlihat dengan jelas. huhu...

Penyebab ketombe


Ada beberapa penyebab terjadinya ketombe pada kulit kepala, yakni:

1. Jarang keramas.
Jika jarang keramas maka jaringan kulit kepala yang mati dan kering akan menumpuk yang akhirnya menjadi ketombe.

2. Terlalu sering keramas
Jika jarang keramas bisa mengakibatkan ketombe, begitupun sebaliknya, jika terlalu sering keramas bisa menyebabkan ketombe. Hal ini terjadi karena rambut tidak punya waktu untuk proses pembuatan minyak rambut agar kulit kepala terjaga kelembabannya.

3. Kulit kering.
Kulit kering tidak hanya bisa terjadi di kepala namun di kulit tangan dan kaki juga bisa terjadi. Kulit kering inilah salah satu penyebab umum terjadinya ketombe.

4. Menggunakan produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok
Sebelum membeli produk shampoo dan contitioner sebaiknya kenali dulu jenis kulit kepala kita agar pemilihan produk shampoo dan conditioner tepat.

5. Infeksi jamur malassezia.
Sebenarnya jamur yang bisa hidup dikulit kepala ini jika dalam jumlah sedikit tidak berarti apapun, namun jika jumlahnya berlebihan, jamur ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang juga menimbulkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe

sumber viva
 Ada beberapa bahan alamai yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala, diantaranya:

1. Lidah Buaya
sumber pixabay

Sejak dulu lidah buaya sudah dikenal banyak manfaatnya terutama untuk rambut. Sebab pada lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, posfor, vitamin A,C, dan B1. Selain bisa menghitamkan rambut juga akan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga menjadikan rambut tampak berkilau. Lidah buaya juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya sangat mudah. Ambil selembar lidah buaya, lalu kupas kulit luarnya, ambil dagingnya lalu haluskan. Kemudian tempelkan di kepala lalu pijat pijat kepala secara berlahan dan merata, biarkan selam 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

2. Daun Sirsak
sumber uplur

 Daun sirsak sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh kita. Karena pada daun sirsak mengandung  acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivasi sitotoksik atau yang membunuh racun di dalam tubuh. Acetogenin ini bekerja dengan cara menghambat transport ATV (adenosinatrifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Ajaibnyanya walau daun sirsak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun sangat beracun bagi serangga atau parasit. Sebab itulah daun sirsak bisa digunakan untuk mengusir kutu dan ketombe.

3. Jeruk Nipis 
sumber pixabay

Jeruk nipis menganduung vitamin C yang tinggi selain itu juga mengandung vitamin dan protein serta lemak. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis akan merangsang pertumbuhan akar rambut. Jadi jeruk nipis bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan. Selain itu jeruk nipis juga berkhasiat membasmi ketombe.Cara menggunaakannyapun sangat mudah yakni peras jeruk nipis lalu campur dengan air, pijat pijat sebentar, kemudian beiarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air.

4. Minyak keemiri
sumber liputan 6

Bukan rahasia lagi jika minyak kemiri mampu menyuburkan rambut. Namun ternyata minyak kemiri jugaa bisa menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusaak rambut. Caramanyapun sama dengan menggunakan jeruk nipis, diborehkan lalu tungggu beberapa meniit kemudian bilas.

5. Minyak zaitun.
sumber bukalapak

Minyak zaitun juga berkhasiat menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya sama dengan  minyak kemiri.

Nah, itulah 5 bahan yang mampu menghilangkan ketombe pada rambut secaraa alamai. Kelima bahan ini tidak hanya menghilangkan ketombe namun juga menyehatkan rambut. Selamat mencoba, ya, sahabat.

13 comments:

  1. Wah ternyata minyak kemiri juga bisa menghilangkan ketombe ya mbak... Bisa buat stok nih saat ketombe mengganggu tiba-tiba...

    ReplyDelete
  2. Ternyata lidah buaya bisa buat ketombe juga ya, aku sering nih pake lidah buaya an akhir-akhir ini semoga masalah ketombe ku juga berakhir nih.

    ReplyDelete
  3. Ketombe juga menjadi masalahku sejak lama. Mungkin, karena berhijab dan keseringan menutup rambut dalam keadaan basah. Mau coba cara di atas, kebetulan di rumah ada minyak zaitun.

    ReplyDelete
  4. Aku pernah tuh ampe gatel puol kirain kutuan tyt ketombean. Setelah aku pikir-pikir kayanya kalo gak keseringan ya krn gak cocok deh karena lepek rambutku.

    ReplyDelete
  5. Duuh tu ketombe rajin banget nangkring di kepalaku, mungkin samponya kali ya yang ndak cocok.

    Betewe, baru tahu kalau daun sirsak itu bisa atasi ketombe juga, mau coba ah

    ReplyDelete
  6. Ramuan herbal pemusnah ketombe ternyata ada di sekitar kita aja. Lidah buaya ada nih di halaman rumah. Bisa deh oles² sebelum keramas...

    ReplyDelete
  7. Kalau daun sirsak belum pernah coba saya
    Yang sering pakai lidah buaya karena nanam di rumah. Juga jeruk nipis kadang beli..
    Memang efektif sih semua ini

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau kemiri dan daun sirsak bagus untuk usir ketombe ni mba. Selama ini baru tau lidah buaya sama jeruk nipis aja. Makasih lo mba sharingnya. Nanti tak cobain di rumah

    ReplyDelete
  9. Ternyata daun maupun buah di Indonesia banyak manfaatnya ya, terimakasih informasinya ya mbak

    ReplyDelete
  10. Wah, infonya tentang bahan alami untuk atasi ketombe lengkap, nih.
    Saya kadang ketombean juga, sih. Baru tahu kalau daun sirsak bisa dipake. Sip. Tinggal ambil do belakang rumah. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  11. Kulit kepala berketombe memang mengganggu sekali.
    Selama ini baru nyobain pakai jeruk nipis, ternyata masih banyak bahan lain yang bisa menghilangkan ketombe ya...

    ReplyDelete
  12. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete
  13. numpang promote ya min ^^
    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete