Menjadi Blogger Full Time Atau Blogger Part Time


Dulu saya pernah menjadi emak olshop, namun karena bosan saya memutuskan untuk berhenti berjualan di media sosial. Saya memutuskan untuk menjadi penulis saja. Berbagai jenis tulisanpun saya coba, mulai cerpen, puisi, artikel dan terakhir saya belajar nge-blog.

Sampai saat inipun saya masih ingin terus belajar mengasah kemampuan menulis saya. Namun ternyata jika kita tidak fokus dalam satu bidang walau itu sama sama dibidang menulis, alhasil hasil yang didapatpun kurang maksimal.

Bagaimana tidak, soalnya pikiran bercabang cabang, sebentar ke sana sebentar kesini, nah akhirnya hasilnyapun setengah setengah. Tpai mungkin ada orang yang mampu mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan. dan bisa sukses juga semua, tapi mungkin tidak untuk saya.

Kegiatan saya menulis tentu tidak ingin membuat saya lalai akan tugas dan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga dengan seabrek tugas. Jikapun saya memiliki kegiatan diluar urusan rumahtangga, hal ini tetap saya sesuaikan dengan jadwal pekerjaan saya dirumah.

Maka dari itu, saya memang harus memilih diantara banyak pilihan yang semua saya suka. Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Akhirnya belakangan ini, saya memutuskan untuk menjadi blogger full time. Agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal. Tentu mennjadi blogger butuh kesabaran dan komitmen yang serta ketekunan.

Saya mulai menikmati asyiknya nge-blog, dan mulai mengurangi kegiatan lain agar bisa lebih fokus untuk mengisi konten di blog saya. Berharap suatu hari nanti blog yang saya rawat seperti rumah sendiri ini, bisa menghasilkan dan bermanfaat untuk orang lain.

Saya akan berusaha untuk megisi dengan konten yang menarik dan bermanfaat sambil terus belajar kepada para mastah mastah blogger yang sudah mulai menuai kesuksesan.

Jadi kesimpulannya, saya ingin menjadi blogger full time, dan sedang berusaha untuk kearah sana. Sementara ini, saya ingin menyelesaikan dulu urusan yang menjadi tanggung jawab saya. Berlahan lahan mulai memfokuskan diri untuk menulis di blog. Walau terkadang keinginan untuk menulis ke media berbayar itu sangat kuat, namun saya alihkan untuk menulis dan mengisi blog sendiri. kalau teman teman sendiri, memilih jadi blogger full time atau blogger part time? cerita dong di kolom komentar.

sumber pixaby 

35 comments:

  1. Baru bisa part time mbak kuuh tapi upaya fokus dulu niiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Semangat mbak
      Apapun pilihannya, jangan lupa bahagia

      Delete
  2. Whuaa hebat mba Narti, aku tetap pada part time blogger karena aku juga suka menulis buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar ke aarah sana mbak,
      Semoga saya tetapbistiqomh

      wah, buku mbak dwi udah banyakvya

      Delete
  3. part time blogger dong, karena menulis enggak hanya di blog kalo buat aku. Menulis buku dan menulis di media online juga wajib. supaya manfaat tulisan saya bisa kena kemana mana hehe. anaknya maruk soale wkwk.

    ReplyDelete
  4. Kadang saya ingin menjadi full time blogger tapi juga ingin menulis buku lagi, hihihi...
    Akibatnya memang gak bisa terlalu fokus. Apalagi sekarang blogger juga dituntut untuk bisa mengoptimalkan media sosial yang dimilikinya.
    Wah..kegiatannya jadi tambah banyak dan saya merasa kurang fokus.
    Di awal tahun ini, semoga saya bisa menentukan bidang apa yang akan lebih saya tekuni. Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya, masih memilih sebagai blogger part time. Belum bisa fokus ngeblog abis, sih. Malah ke depan pengennya jadi penulis buku, khusus genre buku anak dan agama Islam. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Stelah berpikir panjang #halah saya memilih full time juga Mbak..biar terus fokus... satu titik.. titik itu...lah malah nyanyi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak dian, aku terinspirasi dirimu,

      Doakan aku ya biar istiqomah, heu....

      Delete
  7. Semoga keinginannya bisa terwujud mba Narti 😊

    ReplyDelete
  8. Kalo saya masih part time mbak..saya mulai baru serius banget sekitar bulan november 2018. Baru banget jadi masih adaptasi..nulis 2hari sekali aja udah senang saya heheh

    ReplyDelete
  9. Aku part time aja, Mbak. Masih belum bisa mengambil porsi lebih banyak untuk ngeblog. Tapi penginnya lebih fokus sama niche tertentu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak damar part time aja sekece ini ya, gimana kalo full time

      Delete
  10. Aku belum bisa jadi blogger full time. Suka iri sama yang full time blogger. Masih terikat dinas, nggak bisa pensiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Part time atau full time yang oenting bahagia mbak, iya kan?

      Delete
  11. aku juga belum bisa jadi blogger full time. masih belum nemu ritmenya. semoga suatu hari bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AaMiin, semangat mbak, InsyaAllah mbak wiyah pasti bisa

      Delete
  12. Memang susah ya mbak membagi waktu, apalagi saat menjadi seorang ibu. Sudah di depan laptop, menyiapkan semua kebutuhan keluarga, eh ada aja kebutuhan keluarga yang tak terduga��

    ReplyDelete
  13. Nah, ini. kok kita sehati ya, mbak???

    Mbak Narti kalo jadi fulltime blogger, lakulagi gimana??

    Kalo saya, mbak. tadinya mau fokus ngeblog tapi tetap bisnis dengan dibantu admin olshop. tapi setelah diskusi dengan suami ternyata beliau ridhonya saya fokus 'menulis' aja. karena saya masih ada tanggungan lain di luar itu semua yang membutuhkan fokus juga.

    Jadi, sekarang saya gak jualan lagi. Bismillah full menulis (mengelola blog dan website hasil training kemarin yang terbengkalai) dan berkarya di bidang digital (mengelola channel yutub). bantu doa ya, mbak semoga bisa maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. AaMiin, semoga apa yg mbak qoty usahakan berkah semua,

      Laku lagi, tetap kita urus kok mbak, saya cuma melipir dari bisnis dan mengurangi beberapa aktifitas lain, agar lebih punya banyak waktu untuk nge blog

      Delete
  14. Keren, Mbak Narti! Kelak jika saya sudah bisa menulis dengan baik pun sepertinya saya akan memilih jadi blogger part time. Sekarang, ngisi dan menulisnya saja saya masih belajar. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, humaira, saya masih belajar juga mbak, yuk saling supirt kita ya

      Delete
  15. Hayuuk Mba,semangat! Dirimu kan ngerockkkk! Pasti bisa. Tinggal atur waktu dan bikin skala prioritas mana duluan kerjaan yang harua diselelsaikan. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mbak semangat, pengen ngikuti jejak dirimu,,he..

      Delete
  16. Sayapun memilih full time blogger karena pengen fokus. Hahah... Lha pengen coba yang lain malah gak bisa. Mbak Narti mah bisa.nulis apa aja. Keren euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak eni udah terbukti jadi blogger full time, kalo saya masih harus test uji coba dulu mbak , he..

      Delete
  17. Bismillah terus sukses ya mbak.
    Kalau saya part time bloger dulu mb, masih terikat ke pekerjaan dlm beberapa waktu ke depan.
    Mimpinya yabpingin full time blog, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, AaMiin, dia yang sama untukmu ya mbak, semangat

      Delete
  18. Sukses ya Mb Narti bisa fokus jd blogger full time. Klau saya madih abu2 mb... Hihi... Ngeblog juga, kerjaan wisata masih jln. Sebab keduanya bagai 2 sisi mata uang yg tk terpisah mnurutku. Cita2 pngen punya blog ber-nice wisata n kuliner. Jd butuh data dan itu butuh jln2 yg saya dptkn dr kerjaan di wisata. Smg kita sm2 lncar ya... Aamiin..

    ReplyDelete