5 Tips hidup Sehat Ala Kamkayah





Hidup Sehat adalah impian semua orang, namun karena satu dan berbagai alasan, banyak juga yang tidak konsisten menjalani pola hidup sehat. Menjawab tantangan BPN Challange day dua belas ini, tentang hidup sehat versi saya, saya akan mengulas pola hidup sehat versi kamkayah.

Hidup sehat merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan, karena banyak sekali godaan untuk mengcuhkan kesehatan, apakah karena sulit menahan selera makan, malas berolahraga atau sering begadang hingga larut malam. Saya punya 5 tips hidup sehat ala kamkayah, simak yuk!

5 Tips Hidup Sehat ala Kamkayah


1. Kurangi Makan Nasi




Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, jika tidak dibakar habis maka akan menjadi tumpukan lemak. Tapi walau bagaimanapun saya orang Indonesia yang sedari kecil menjadikan nasi sebagai makanan pokok. bayangin saja, saya makan nasi sehari tiga kali. Jadi jika belum makan nasi, perut ini rasanya masih lapar terus. Tapi saya sadari, dengan usia yang sudah memasuki empat puluh tahun, maka saya tidak terlalu membutuhkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Saya pun mengurangi porsi nasi, makan secukupnya saja agar alam bawah sadar yakin bahwa saya sudah makan. haha... Jadi saya tidak perlu banyak ngemil ini itu. karena saya sadar saya sudah makan.

2. Olahraga 


Olagraga sangat penting untuk kesehatan, walau sebagai ibu rumah tangga dengan pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya, olahraga harus tetap dilakukan. Dulu, ketika si kecil masih bayi, saya rutin membawanya keliling perkampungan, berjalan kaki selama satu setengah jam. Baru 3 bulan, badan, Berat badan langsung turun sekitar 8 kg.

Pernah juga saya mengikuti Muay Thai, nah ini juga sama, badan menjadi segar, seolah mendapat suntikan tenaga yang berlipat lipat. berat badan juga cepat menyusut. Namun olahraga ini, tidak hanya butuh waktu khusus namun juga butuh dana yang lumayan mahal.

Jadi, bagi saya, apapun olahraganya asal dikerjakan dengan rutin akan memberikan hasil yang baik untuk tubuh. terutama untuk kesehatan.

3. Minum Air Putih

pixaby

Minum air putih mungkin terdengar sepele, namun ternyata air putih ini sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. bayangkan saja jika tubug kekurangan air, maka kerja organ tubuh akan berat, yang mengakibatkan timbulnya gejala gejala penyakit, seperti sering pusing, lemas, jantung berdebar kencang, sakit pinggang, dan masih banyak efek lain yang akan ditimbulkan akibat kekurangan air putih.

4. Jangan Terlalu Sering Begadang


pixaby

Saat banyak pekerjaan yang harus dilakukan, biasanya kita memilih untuk mengerjakannya disaat malam hari, memotong jatah tidur. Boleh boleh saja sih, asal jangan terlalu sering dilakukan. Sebab dampaknya tidak baik untuk kesehatan. biasanya orang yang suka begadang akan lebih cepat marah atau gangguan mood, bahkan bisa juga terkena penyakit jantung, depresi, obesitas, dan Diabetes. So, buat apa begadang, kalau masih bisa dikerjakan esok hari.

5. Minum Madu 

Untuk menjaga badan agar tetap bugar, minumlah madu. Madu sangat banyak manfaatnya untuk tubuh. Bagai mana tidak hal ini sudah disampaikan di dalam Alquran surat An-nahl ayat 68-69 yakni “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Nah itulah 5 tips sehat ala Kamkayah, semoga bermanfaat!




0 comments:

Post a Comment