Kehadiran ketombe pada kulit kepala sangat mengganggu penampilan. Selain rasa gatal yang bikin tangan pengen nggaruk, juga bikin krrisi pede, he... Bayangin aja saat menggaruk tiba tiba ketombe jatuhan ke baju, apalagi kalu pake warna yang gelap, ketombe akan terlihat dengan jelas. huhu...

Penyebab ketombe


Ada beberapa penyebab terjadinya ketombe pada kulit kepala, yakni:

1. Jarang keramas.
Jika jarang keramas maka jaringan kulit kepala yang mati dan kering akan menumpuk yang akhirnya menjadi ketombe.

2. Terlalu sering keramas
Jika jarang keramas bisa mengakibatkan ketombe, begitupun sebaliknya, jika terlalu sering keramas bisa menyebabkan ketombe. Hal ini terjadi karena rambut tidak punya waktu untuk proses pembuatan minyak rambut agar kulit kepala terjaga kelembabannya.

3. Kulit kering.
Kulit kering tidak hanya bisa terjadi di kepala namun di kulit tangan dan kaki juga bisa terjadi. Kulit kering inilah salah satu penyebab umum terjadinya ketombe.

4. Menggunakan produk shampoo dan conditioner yang tidak cocok
Sebelum membeli produk shampoo dan contitioner sebaiknya kenali dulu jenis kulit kepala kita agar pemilihan produk shampoo dan conditioner tepat.

5. Infeksi jamur malassezia.
Sebenarnya jamur yang bisa hidup dikulit kepala ini jika dalam jumlah sedikit tidak berarti apapun, namun jika jumlahnya berlebihan, jamur ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala yang juga menimbulkan ketombe.

Cara Menghilangkan Ketombe

sumber viva
 Ada beberapa bahan alamai yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala, diantaranya:

1. Lidah Buaya
sumber pixabay

Sejak dulu lidah buaya sudah dikenal banyak manfaatnya terutama untuk rambut. Sebab pada lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, posfor, vitamin A,C, dan B1. Selain bisa menghitamkan rambut juga akan menguatkan akar rambut, lidah buaya juga menjadikan rambut tampak berkilau. Lidah buaya juga sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe menggunakan lidah buaya sangat mudah. Ambil selembar lidah buaya, lalu kupas kulit luarnya, ambil dagingnya lalu haluskan. Kemudian tempelkan di kepala lalu pijat pijat kepala secara berlahan dan merata, biarkan selam 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

2. Daun Sirsak
sumber uplur

 Daun sirsak sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh kita. Karena pada daun sirsak mengandung  acetogenin yang merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivasi sitotoksik atau yang membunuh racun di dalam tubuh. Acetogenin ini bekerja dengan cara menghambat transport ATV (adenosinatrifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Ajaibnyanya walau daun sirsak ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, namun sangat beracun bagi serangga atau parasit. Sebab itulah daun sirsak bisa digunakan untuk mengusir kutu dan ketombe.

3. Jeruk Nipis 
sumber pixabay

Jeruk nipis menganduung vitamin C yang tinggi selain itu juga mengandung vitamin dan protein serta lemak. Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis akan merangsang pertumbuhan akar rambut. Jadi jeruk nipis bisa digunakan untuk menumbuhkan rambut yang mengalami kebotakan. Selain itu jeruk nipis juga berkhasiat membasmi ketombe.Cara menggunaakannyapun sangat mudah yakni peras jeruk nipis lalu campur dengan air, pijat pijat sebentar, kemudian beiarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air.

4. Minyak keemiri
sumber liputan 6

Bukan rahasia lagi jika minyak kemiri mampu menyuburkan rambut. Namun ternyata minyak kemiri jugaa bisa menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusaak rambut. Caramanyapun sama dengan menggunakan jeruk nipis, diborehkan lalu tungggu beberapa meniit kemudian bilas.

5. Minyak zaitun.
sumber bukalapak

Minyak zaitun juga berkhasiat menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya sama dengan  minyak kemiri.

Nah, itulah 5 bahan yang mampu menghilangkan ketombe pada rambut secaraa alamai. Kelima bahan ini tidak hanya menghilangkan ketombe namun juga menyehatkan rambut. Selamat mencoba, ya, sahabat.

View Post

Menjelang lebaran seperti ini, sepertinya kita harus kekepin dompet kuat kuat atau kalo perlu di gembok, wkwkwk. Bayangin aja, setiap buka FB ataupun IG seliweran promo yang bikin saya gatal pengen beli. Dan rasanya barang yang dipromokan itu mendadak semua sepertinya emang kebutuhan. Kalo sudah begini buru-buru istighfar saya, wkwkwk. Untungnya lagi puasa, jadi nggak punya tenaga ekstra untuk berburu promo belanja online.

Kalau dipikir pikir, Kenapa sih kita harus berburu baju lebaran yang pasti akan menguras waktu, pikiran, dan uang? Kenapa gak jauh hari sebelum ramadhan berburu bajunya? Jadi saat Ramadhan seperti ini, bisa fokus beribadah. Sayangkan kalo Ramadhan ini terlewat dengan sia sia, bukannya sibuk berburu pahala gede gedean dari Allah, malah sibuk Berburu promo belanja online. Begitulah perang batin di hati saya. wkwkwk...

Tapi gak salah juga kok kalo ingin beli barang ini itu saat lebaran seperti ini, apalagi sedang sedang promo besar besaran. Namun jangan sampai kalap, ingat masih banyak kebutuhan lain selain berburu barang barang. Misalnya bersedekah. Pahala yang dijanjikan Allah berlipat lipat ganda dari pada sedekah dibulan lain. Dan jangan sampai menumpuk barang, terutama pakaian, tas dan sepatu. Mau jawab apa nanti jika di akhirat ditanya Allah tentang tumpukan baju di lemari yang jarang dipakai. #ngomong sama kaca, he... 
sumber wolipop

Dulu waktu masih imut imut, #tsah, Saya juga suka menumpuk barang barang terutama baju dan tas. Apalagi saat menjelang lebaran seperti ini kayaknya berburu barang barang promo adalah suatu keharusan. Tapi seiring bertambahnya usia dan bertambah pula pemahaman tentang arti lebaran, Alhamdulillah saya bisa ngekepin isi dompet walau tanpa digembok. wkwkwk...

baca juga 10-tempat-favorit-bukber-di-jakarta

Saya juga berusaha membiasakan anak anak agar tidak menjadikan lebaran sebagai ajang memakai baju baru. Kecuali memang mereka butuh. seperti si kakak yaang sedang beranjak remaja, bajunya banyak yang sudah tidak muat dipakai. So, harus dibeliin donk. Jadi saya bisa manfaatkan promo belanja online. Jadi menurut saya walau segede apapun diskon yang di tawarkan kalo nggaak butuh ya jangan dibeli, tapi jika butuh, manfaatkan promo belanja yang ditawarkan baik online ataupun offline.

sumber liputan 6
Kalo saya sih untuk produk baju dan sepatu lebih suka belanja offline, karena beberapa kali beli online gak ada yang betul betul memuaskan. ada aja kurangnya, terutama ukuran dan warna. Pernah saya baca tips meembeli baju online yakni harus di ukur dulu lingkar dada kita agar tidak menerka-nerka, tapi saya udah keburu kapok. he... terus warnanya juga sedikit kecewa, karena efek cahaya kali ya, warrna yang tertera digambarr tidak sama dengan yang datang. Karena itu saya lebih suka berburu baju offline walau lebih capek.

Kalo belanja online saya lebih suka seperti tas, perabotan rumah tangga aksesoris, termasuk elektronik. Selain harganya lebih murah modelnya juga unik. Itu cerita saya yang sudah bisa ngekepin dompet saat musim promo seperti ini, gimana cerita kamu? sharing yuk di kolom komentar!
View Post

Siapa yang nggak suka nasi goreng? Sepertinya menu yang satu ini menjadi pilihan praktis dan hemat biaya. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, asal bisa mengolahnya. Enaknya sih nasi goreng dari beras padag pera, Nasinya nggak gumpal. Tapi biasanya nih, kalau di rumah nasi goreng terhidang karena ada sisa nasi kemaren, itu sih kalo di rumah saya, qiqi... dari pada mubajir mending diolah, betulkan, gaes?

Olahan nasi goreng juga banyak variasinya. mulai yang sangat sederhana hingga yang spesial. Tergantung selera dan budget tentunya. Nah, kali ini saya mau berbagi 3 resep nasi goreng dari yang paaling sederhaana hingga yang spesial,, simak yuk!

Baca juga  : segarnya-buka-puasa-dengan-soto-ayam

3 Resep Nasi Goreng


1. Nasi goreng pahe

Namanya juga pahe, pasti serba hemat dan praktis, kan? eith, tapi rasanya gak kalah lezet kok sama yang spesial, apalagi bagi anak kost yang lagi tanggung bulan, nunggu kiriman belum datang, nasi goreng ini cocok buat kaalian.

Cara membuatnya

Iris bawang merah kira kira 7 siung, lalu tumis hingga harum, masukkan 2 centong nasi, aduk hingga rata. tambahkan satu sendok margarin (jika ada) lalu masukkan garam (kalau bisa agak berasa, karena kekuatan rasa ada pada garam. Lalu bejek bejek dengan spatula hingga harum dan berubah warna, angkat. Nasi goreng pahe siap di santaap.

2. Nasi goreng spesial

Nasi goreng spesiial cocok dihidangkan untuk sarapan keluarga, bahkan bisa juga untuk bekel kesekolah. Bikinnyapun nggak ribet, tapi rasanya nggak kalah deh sama masakan koki restoran, haha...

Cara membuatnya

haluskan bawang putih 3 siung, bawang merah 5 siung. Lalu tumis. Masukkan udang basah, aduk hinggaa harum,, pinggirkan sedikit, lalu tambahkan telur lalu aduk tapi jangan sampai bumbunyaa ikut keaduk. Setelah telur hampir mateng, tambahkan 2 piring nasi, aduk hingga rata. Lalu  Tambahkaan 1 sendok makan kecap inggris, 1 sendok makan minyak ikan, garam secukupnya, tambaahkaan 1 sendok margarin. Lalu aduk hingga rata. Nasii goreng spesial siap di hidangkan.

3. Nasi goreng premium

Nah, kalau nasi goreng yang ini super lengkap dan cara membuatnyapun butuh waktu cukup lama untuk menyiapkan bahan dan bumbunya. Enaknya  sih, nasi goreng ini dihidangkan untuk makan malam, jadi nggak buru buru membuuatnya.

Cara meambuatnya

Siapkan bahan bahannya terlebih dahulu yakni, ayam yang sudah di goreng, lalu di suir suir. siapkan 5 bakso lalu potong-potong menjadi 4 bagian. Iris kol sedikit saja. Iris 1 batang daun bawang. haluskan 7 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, cabe merah sesuai selera, satu sendok teh terasi yang sudah di goreng.

Panaskan minyak sayur dalam belanga, lalu tumis bumbu yang di haluskan. Setelaah harum tambahkan bakso, kol, ayam suir suir, dan daun bawang, aduk hingga rata. Setelah harum, Masukkkan Nasi dua piring, lalu aduk hinggga rata. Tambahkan 1 sendok kecap inggris, 1 sendok minyak ikan, garam secukupnya. aduk hiingga rataa, tambahkan satu sendok margarin, aduk. Setelah hampir matang, tambahkan minyak 1 sendok makan minyak wijen. Aduk hinggga rata. lalu angkat. Dadar 2 buah telur hidangkan bersama nasi goreng premium.

Nah, itulah 3 jenis nasi goreng yang bisa menjaadi pilihan tergantung budget dan ketersediaan waktu untuk menyiapkannya. Kamu suka yang nomer berapa?

sumber gambar : dapur kobe


View Post


Soto Ayam. Yapt, siapa yang tidak kenal makanan khas nusantara ini. Sepertinya hampir seluruh orang indonesia pernah memakanannya. Termasuk saya. Rasa dan aromanya sangat khas, walau setiap daerah memiliki masakan khas soto masing masing, tentusaja bahan dasarnya sama. hanya saja ada sebagaian yang di tambahi dan di kurangi, sehingga rasanya berbeda pada setiap jenis soto. Mulai dari soto medan, soto lamongan, soto betawi, soto ayam dan masih banyak jenis soto lainnya.

Saat ini pedagang soto sudah menjamur, dari yang mangkal hingga yang menggunakan dorong dorong. Namun tidak ada salahnya juga kalau kita memasak sendiri. Memasaknya juga tidak sulit, bahan bahannyapun mudah didapat. Nah, biar gak penasaran saya mau berbagi resep soto ayam. yuk, simak yang berikut ini ya.  

Baca juga resep-kue-skippy-dan-somay-otak-otak

Bahan yang diperlukan:

1. Setengah kilo gram ayam
2. Sereh 2 batang, memarkan
3. Daun salam 2 lembar
4. Daun bawang dan seledri 2 batan, iris
5. Lengkuas 2 cm, memarkan
6. Tomat 1 buah potong menjadi 6 bagian
7. Jeruk nipis untuk perasan
8. Kentang 2 biji, iris tipis, lalu goreng
9. Jahe  2 cm, memarkan
10. Daun jeruk 2 lembar
11. Bihun, rendam dengan air biasa.
12. Tauge, rebus sebentar
13. bawang goreng

Bumbu Halus
1. Bawang putih 4 siung
2. Kemiri 2 butir sangrai hingga harum
3. Kunyit 2 cm sangrai hingga harum
4. Ketumbar 1/2 sendok teh
5. Merica sesuai selera

 Sambal
7 butir cabe rawit merah, rebus sebentar lalu belender dengan sedikit air

Cara membuat

Rebus ayam sekitar 5 menit, lalu tiriskan buang airnya. didihkan air 1 liter.
Siapkan wajan lalu panaskan minyak sayur secukupnya. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu  masukkam sereh, daun salam, lengkuas, jahe, daun jeruk. setelah harum masukkan ke dalam air yang sudah mendidih tadi. lalu masukkan ayam, tambahkan garam dan sedikit penyedap rasa (kalau mau).
sesaat sebelum diangkat, masukkam daun bawang dan seledri.

Cara menghidangkannya

Tuang kuah Soto ayam pada mangkuk lalu tambahkan sedikit tauge, bihun dan kentang goreng.
Lalu taburkan bawanh goreng. perasan jeruk nipis dan irisan tomat, hidangkan bersama kerupuk atau emping, atau bisa juga dengan peyek. Semua tergantung selera saja. Lalu hidangkan bersama sambal. Kalau saya lebih suka sambal kecap, hehe... tergantung selera ya, Bun. 

Nah, gimana, Bun. gampangkan membuatnya? Yapt, walau banyak yang menjajakan soto ayam, gak ada salahkan jika sesekali kita berkreasi untuk keluarga tercinta.

View Post


Halo Bunda,...

Gimana puasanya? masih semangat, donk! Apalagi bisa berburu kuliner untuk berbuka, pasti sangat menyenangkan, iyakan? Tapi ada baiknya kalau Bunda coba buat sendiri hidangan berbuka untuk keluarga. Selain sehat tentu budget yang dikeluarkanpun lebih sedikit. lumayankan ngemat pengeluaran

Ngomongin soal jajanan, saya mau berbagai resep nih. yakni kue skippy dan siomay otak otak.
 Bikinnya gampang banget. Selain rasanya enak, kebersihannyapun lebih terjaga. Kedua jajanan ini sebagian besar menggunakan bahan kacangtanah halus. Biar gak ribet saya pakai Skippy creamy. Sengaja pilih yang creamy karena kacangnya halus. anak anak saya nggak suka kalau masih ada butiran kacangnya. Kalau saya dan suami sebetulnya suka yang ada butiran kacangnya sedikit, tapi buat anak orangtua ngalah aja, iyakan, bun?

Resep Kue Skippy


Pertama siapkan bahannya yakni :
1. Terigu 200 gr
2. Minyak sayur 100 gr
3. Margarin 1 sendok makan
4. Garam secukupnya
5. Gula pasir 75 gr
6. Skippy 75 gr

Cara membuatnyaa

Tuangkan Semua bahaan dalam satu mangkuk, kecuali minyak sayur, tuangkaan berlahan hingga terbentu7k adonan khalis. Aduk semua bahan bisa jugaa meenggunakan mixer agar lebih rata. Setelah adonan khalis, cetak sesuai selera, lalu olesi atasnya dengan kuning telur atau sesuai seleera. Kemudian panggang di oven dengan suhu 160 ͒C selama 45 menit. Setelah matang simpan dalam toples gedap udara. Taraaa... jadi deh, gampangkan?

Resep Otak Otak Somay


Bahan yang harus disiapkan Adalah
1. Otak Otak satu bungkus
2. Skippy Cream satu sendook makan
3. Cabe merah sesuai selera
4. bawang putih 1 siung
5. kecap manis satu sendok teh
6. Tomat 1 buah
7. asam jawa 1 sendok teh
8. garam secukupnya
9. Air secukupnya
10. Daun jeruk

Cara membuatnya

Kukus terlebih dahulu otak otak yang sudah dipotong tiga hingga maatang, lalu haluskan cabe merah, bawang putih, dan tomaat kemudian tumis hingga harum. Masukan Skippy kira kira satu sendok makan, kecap, asam jawa, garam dan daun jeruk, aduk hingga rata. Setelah berubah warna masukkan otak otak, aduk, lalu tuangkan air setengah gelas. Aduk hingga rata. Tunggu hingga air kembali kering. Angkat. Jadi deh,... Praktis kan?

Keluarga saya sangat sukaa otak otak, apalagi kalau diolah menjadi somay otak otak sebentar saja langsung ludes. Memang sih, kami sekeluarga suka dengan bumbu olahan dari kacang tanah. Karena itu Skippy menjadi solusi buat saya, gak pake ribet. Raasnyapun Enak kacangnya berasa banget. Bisa disajiikan dalam bentuk masakan ataupun olesan. So, masak jadi menyenangkan bisa berkreasi dengan berbagai jenis makaanan berbahan kacang, karena itu siapkan selalu Skippy di rumah.


Kandungan Gizi Kacang Tanah 

Sewlain rasanya yang Gurih kacang tanah juga mengandung zak yang sangat baik untuk tubuh. Kacang tanah mengandung protein dan lemak, selain itu juga mengandung karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, Vitamin B, sodium, potasium, kalsium, dan zat besi.

Tentu saja kandungan lemak yang teerdapat pada kacang tanah adalah lemak nabati yakni lemak tidak jenuh tunggal dan ganda. Selain itu kacang tanah juga mengandung omega-6 yang cukup banyak.

Manfaat Kacang 

 Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang tanah ternyatabaik untuk kesehatan, diantara manfaatnya untuk tubuh adalah:

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi kacang tanah bisa menurunkan berat badan. jadi bagi yang punya masalah dengan beratbadan sangat baik mengkonsumsi jenis makanan ini. hal ini disebabkan karena kandungan protein  yang tinggi pada kacang tanah sehingga menimbulkan rasa kenyang. Sehingga kita akan malas memakan makanan lain karena perut masih gterasa kenyang.
Kacang tanah juga mengandung serat makanan yang tidak larut sehingga sangat memengaruhi usaha berat badan.

2. Mencegah kanker perut 

Kacang tanah memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi dan memiliki kemampuan mencegah penyakit kanker perut. Mengkonsumsi Kacangtanah dalam jumlah yang cukup dapat mencegah terjadinya kanker perut. Karena itu seringlah memakan kacang tanah dalam bentuk olahan. Kacang tanah baik dimakan mentah ataupun merebusnya sebentar.

3. Menjaga kesehatan Jantung 

Selain menikmati rasa yang lezat ternyata Kacang tanah juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. hal ini terjadi sebab kacang tanah mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan oksida nitrat.

4. Meunrunkan Berat Badan 

Karena kandungan protein tinggi pada kacang tanah, menyebabkna kita merasa kenyang. Hal ini sangat baik bagi yang punya masalah dengan berat badan. Karena rasa kenyang yang ditimbulkan sehingga keinginan untuk memakana makanan lain jadi berkurang. Kalau kamu sedang diet maka kacang tanah sangat cocok untuk di konsumsi dalam bentuk olahan ataupun hanya direbus sebentar.

5. Mengatasi Depresi

Ternyata kacang tanah bisa membantu mengatasi depresi. Depresi atau kondisi tertekan disebabkan karena rendahnya kadar serotonin. Sedangkan kacang tanah mengandung triptofan yang mampu meningkatkat pelepasan zat kimia tertentu. Pelepasan zat kimia inilah yang mempu menghasilakan zat seratonin sehingga depresi bisa diatasi.

 Melihat banyaknya manfaat kacang tanah yang sangat baik untuk tubuh, jadi mari kita manfaatkan. Menciptakan resep makanan dari bahan Skippy.


 Selamat menjalankan ibadah puasa
 salam hangat
View Post
 

Bukber atau buka puasa bersama selalu menjadi trand setiap bulan Ramadhan. Mulai dari pelajar mahasiswa, pegawai, ataupun komunitas. Bukber juga kerab dijadikan sebagai wasilah untuk mempererat keakraban. Biasanya nih, kita suka bingung menentukan lokasi bukber yang nyaman dan enak, iyakan?

Yapt, kali ini saya akan berbagi tempat bukber sekalian ngabuburit yang nyaman di Jakarta. Ada banyak pilihan, loh,  mulai dari yang murah hingga yang mewah. tergantung kesukaan kamu. Yang pasti bikin kamu nyaman di lidah dan nyaman pula di kantong.

Inilah 7 Tempat Bukber di Jakarta


1. Kemang food Festival 
sumber daftar kuliner jakarta
 Bagi warga Jakarta Selatan, tentu tempat ini sudah tidak asing lagi. Mungkin Kalian sering nongkrong di kawasan ini. selain makanannya yang enak, hargannya pun sangat terjangkau khususnya buat pelajar dan mahasiswa. Konsep yang ditawarkan mirip seperti food court yang ada di mall namun, sedikit berbeda. Kemang food festival ini didesain lebih asri dengan meja kayu yang berukuran lebar sehingga cocok di jadikan tempat bukber.

2. Bandar Djakarta
sumber tripadvisor
 Bagi pecinta seafood tempat ini sangat cocok untuk kalian. Menu seafood yang disajikan dijamin kesegarannya. Restoran yang berlokasi di pintu timur Ancol Jakarta Utara ini, bisa menjadi salah satu tempat bukber di Jakarta yang enak. Dijamin deh, kamu bakalan betah berlama lama kongkow bareng teman ataupun keluarga. 

3. Abunawas Restaurant
sumber pegipegi
 Kalo yang ini cocok buat kalian yang suka makanan berbuka ala Timur tengah.  Nasi briyani yang lezat bisa kalian dapatkan di sini. harganya sekitar 250 ribu per dua orang. Abunawas restourant memiliki dua cabang di Jakarta yakni di matraman dan Kemang. Asyik ya, berbuka sambil menikmati suguhan khas ala Timur Tengah? Eit, tapi jika kamu bukber saat weekend jangan lupa reservasi dulu, ya.

4. Strawberry cafe 
sumber darimataturunkeperut
 Tempat ini cocok bagi kalian yang suka bermain game. Disini tersedia puluhan games yang bisa dimainkan saat menunggu buka puasa. Stawberry Cafe mampu menampung ratusan pengunjung. Tempatnya yang nyaman dengan desain seperti kebun strowberry membuat pengunjung betah berlama lama di sini. Harga makanan yang ditawarkanpun terbilang murah, pas buat kantong pelajar dan mahasiswa. Restourant ini beralamat di Tanjung Duren Barat Daya, no. 10 Jakarta Barat.

Baca juga 7-jenis-menu-buka-puasa-yang sehatl

5. Telaga Sampireun
sumber tripadvisor
 Ingin bukber dengan nuansa pedesaan? Datang saja ke Telaga Sampireun. Tempat ini didesai ala alam pedesaan dengan tampilan saung yang berada di atas sebuah kolam, sehingga terkesan seperti sebuah telaga.  Lampu lampu indah disepanjang saung menjadikan tempat ini semakin indah. kamu bisa mengunjungi restaurant yang menyajikan masakan khas nusantara ini di beberapa lokasi di Jakarta.

6. OTW Food Street
sumber tripadvisor
 Jika budget kalian tersedot untuk tiket mudik yang melambung tinggi namun, tidak ingin kehilangan moment bukber, tempat ini menjadi pilihan yang pas untuk kalian. Di sini terdapat berbagai kios yang menyajikan makanan ringan hingga makanan berat. diantaranya, kue cubit, martabak, ramen dan rice bowl. Di Jakarta terdapat beberapa cabang yang bisa kamu kunjungi, salah satunya yang berlokasi di Jalan kelapa Kopyor Raya BA 2 No. 1. Kelapa Gading Timur.

7. Warung Nagih 
 
sumber pergikuliner

 Bagi kalian pecinta jajanan khas Indonesia, tempat ini sangat cocok dikunjungi. Warung outdor ini berlokasi di Jalan Kapten Tendean Raya No. 41, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Banyak pilihan makanan ringan yang tersaji untuk dinikmatri bersama teman atau keluarga tercinta.

Nah, itu dia beberapa tempat bukber di Jakarta yang bisa kamu jadikan pilihan kumpul bareng teman ataupun keluarga. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya, Sahabat! Semoga puasa kita di terima Allah sebagai pemberat amalan soleh kita di akhirat nanti. Dan jangan lupa untuk berbagi kepada orang orang yang kurang beruntung di sekitar kita.

sumber gambar sampul Anekawisata
View Post



Kamis, 2 Mei 2019 kemarin berlangsung workshop menulis bersama Asma Nadia. acara yang didukung oleh Agung jaya ini, bertempat di pesoan square, Depok.Acara ini juga dihadiri oleh Isa Alamsyah penulis 101 Dosa Penulis Pemula. Rasanya senang sekali saya bisa turut hadir di acara ini, bertemu dengan orang orang hebat seperti mereka.

Apalagi belakangan ini saya mulai tertarik menulis fiksi, dan sedang semangat menuntaskan naskah novel yang sedang saya garap. Ternyata untuk menerbitkan satu novel perdana butuh keberanian dan mental baja, ya, kak?  Banyak ketakutan yang tak beralasan berkelebat di benak saya. Bagaimana kalo novelnya gak ada yang beli? Bagaimana kalo banyak yang mencibir? Duh, pertanyaan ini bikin saya down.

Tapi setelah mendengar langsung penjabarana bunda Asma, ternyata beliaupun dulu saat pertama mulai menulis juga mengalami hal yang sama. Untuk mencapai puncak karirnya saat ini tentu banyak perjuangan yang sudah beliau lewati. Jadi jangan berharap bisa besar kalau tak punya nyali untuk menyelesaiakn setiap tantangan yang menghadang, (ngomomg sama kaca)

Banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari pertemuan kemarin, salah satunya, jangan takut untuk mengirim naskah ke penerbit, sebab resiko paling besar adalah, naskah ditolak. padahal ini sudah tahu dari dulu cuma tetap saja ada rasa was was yang membuat saya tidak pernah mau berpikir untuk mengirim naskah ke penerbit. 

Hingga motivasi dari bunda Asma benar benar menyentil rasa enggan ini. Makasih banyak ya bunda Asma motrivasinya dan juga tips tips keren lainnya. walau pertemuan ini hanya sebentar namun memberi efek yang luar biasa untuk saya. Apalagi bisa selfi bareng bunda Asma Nadia cukup menjadi penyemangat saya untuk terus berkarya. dan selalu berpikir positif. 

Workshop ini juga dalam rangka menggalang donasi untuk RBA (Rumah Baca Asma) yang direncanakan berdiri 1000 rumah baca yang tersebar di berbagai daerah. Saat ini sudah ada 257 Rumah Baca Asma dan juga para relawan. Jika sahabat berminat ingin donasi juga, apakah berupa uang ataupun buku buku yang sudah tidak dibaca lagi silakan kepoin akun IG @rbasmanadia.

Bagi peserta yang ikut berpartisipasi, bisa memberi donasi berupa uang seikhlasnya dan akan mendapat satu buah buku Asma Nadia atau bisa juga mendonasikan buku buku yang sudah tidak dibaca lagi. Pendirian RBA ini tercetus karena Bunda Asma teringat masa kecilnya yang sangat ingin membaca namun tidak punya unag untuk membeli buku. Sehingga beliau ingin memfasilitasi orang orang yang yang kurang beruntung agar tetap bisa membaca. Karena membaca adalah jendela dunia.

Baca juga kopdar kbm jakarta timur bersama Isa Alamsyah

Mirip ya haha...

 Saya mendapat buku Surga yang tak dirindu 2 yang ditanda tangani langsung oleh Bunda Asma. Walau buku ini terbit beberapa tahun yang lalu namun tetap saja menarik untuk dibaca.





Bertanyalah pada Ahlinya


Allah berfirman
فَسۡ‍َٔلُوٓاْ أَهۡلَ ٱلذِّكۡرِ إِن كُنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ
“… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kalian tidak mengetahui.”
   (an-Nahl: 43)

Acara ini berlangsung selama dua jam. Sebagai penulis pemula yang haus motivasi dan tips, tentu setiap perkataan dari seorang Novelis sekelas Bunda Asma menjadi doping luar biasa bagi saya.  Apalagi penuturannya seringnya beliau mendapat voucher jalan jalan keluar negeri membuat saya terpukau. hebatnya lagi buda Asma dinobatkan sebagai 500 muslimah paling berpengaruh di dunia. Dan masih banyak kisah kisah yang sangat mengispirasi saya. 

Saya terpukau saat buda Asma bilang kalu novel Assalamualaikum Beijing butuh waktu tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Dan ia survey langsung ke Beijing. jadi Assalammualaikum Bejing berasa assalammualaikum beijing bukan assalammualaikum Bojong. Kontan saja hadirin tertawa semua. Subhanallah. Pantas sajalah ya, kalau Novel tersebut laris manis. 

Tips Dari Asma Nadia


  • Kirim tulisan ke beberapa penerbit. Jika ada penerbit yang ACC maka segera tarik naskah dari penerbit lain. 
  • Usahakan fotocopy naskah diantar langsung ke penerbit. tujuannya agar bisa kenal lebih dekat pada redaksi atau editor. Sehingga jika naskah di tolak kita bisa langsung menanyakan alasannya. 
  • Menulislah terus hingga naskah selesai. jangan di edit  saat menulis. setelah naskah selesai serahkan pada editor. biarkan editor yang menilai tulisan kita. 
  • Jangan menulis klise.
  • Setiap cerita harus ada konflik. 
  • Jangan mematikan tokoh utamanya.
  • Lakukan survey sebelum menulis. jika tidak bisa datang langsung ke lokasi survey, cukup mencari informasi di google
  Itulah beberapa Tips dari bunda Asma. selesai workshop seluruh peserta foto bersama. Ada beberapa pilihan background yang tersedia diantaranya foto booth, 1000 koleksi gantungan kunci Asma Nadia dari berbagai negara, dan mading pesan. Setelah azan magrib saya dan beberapa teman KBM Jakarta Timur pamit untuk pulang.

View Post